FEB Unair Tinjau Praktik Perkoperasian di SBW

FEB Unair Tinjau Praktik Perkoperasian di SBW

Memang tidak lengkap rasanya bila hanya belajar teory tanpa melihat langsung praktiknya. Seperti juga para mahasiswa Fakultas Ekonimi & Bisnis (FEB) Unair yang pagi tadi (27/11) berkunjung ke Kopwan SBW. Setidaknya ada 76 mahasiswa semeseter III dan V yang melakukan kuliah lapangan di Kopwan SBW. Mereka ingin mendengar langsung dari Pengurus Kopwan SBW bagaimana mengelola koperasi.

“Mata kuliah ekonomi koperasi termasuk yang wajib diikuti. Tahun sebelumnya kita mendatangkan narasumber dari praktisi koperasi untuk memberikan kuliah. Tahun ini kita balik dengan mengadakan kuliah lapangan untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa. Sehingga tidak hanya teory yang mereka dapatkan tapi juga bagaimana praktikknya. dalam hal ini kita sudah jadwalkan untuk mengunjungi 8 koperasi besar di Jawa Timur termasuk Kopwan Setia Bhakti Wanita,” ujar Ibu Atik, dosen pembimbing yang menyertai rombongan mahasiswa.

Disampaikan pula dalam kuliah lapangan ini para mahasiswa mendapat tugas untuk menggali 5 materi. hal tersebut terkait dengan penilaian perkembangan, penilaian kesehatan, penilaian efesiensi, analisa pengembangan dasar koperasi dan terakhir membuat perencanaan bisnis. Dari hasil rumusan kelima masalah tersebut nantinya akan diserahkan kepada koperasi yang dikunjungi. Untuk tugas tersebut, peserta dibagi dalam kelompok-kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 5 mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Ibu Indra selaku Ketua Kopwan SBW memaparkan perjalanan Kopwan SBW yang saat ini telah berusia 4 dasawarsa. Disamping itu, disampaikan juga sekilas sistem tanggung renteng baik sebagai sistem pengaman asset maupun sebagai sistem pembelajaran. (gt)

Artikel lainnya dengan kategori Seputar SBW