Keanggotaan

Keanggotaan

 Berawal Dari 35 Perempuan

Temu Kelompok
Pertemuan kelompok

Bermula dari 35 perempuan yang tergabung dalam sebuah kelompok arisan di wilayah Gubeng – Surabaya, berkembang menjadi Koperasi Wanita. Koperasi dengan nama Setia Bhakti Wanita yang resmi terbentuk sejak 30 Mei 1978 itu, anggotanya terus berkembang pesat dari tahun ke tahun. Pada perjalanan tahun pertama, jumlah anggotanya bertambah dua kali lipat. Tapi pada tahun kedua, penambahan anggotanya sudah mencapai 20 kali lipat dari jumlah awal. Hingga akhir tahun 2014, jumlah keanggotaanya telah mencapai 12.807 orang yang terhimpun dalam 428 kelompok.

Perkembangan jumlah anggota dari tahun ke tahun tersebut juga berimplikasi pada wilayah kerja. Jika pada awal berdiri, hanya meliputi Kecamatan Gubeng – Surabaya, pada perkembangan selanjutnya terus merambah pada wilayah kecamatan lain di Surabaya. Pada tahun 1984 wilayah kerja telah meliput Surabaya Timur dan 4 tahun kemudian sudah meliputi seluruh Surabaya. Perkembangan keanggota pada tahun-tahun berikutnya ternyata tidak hanya sebatas Surabaya tapi sudah meluas hingga mencapai wilayah Sidoarjo dan Gersik. Seiring dengan perkembangan anggota yang semakin luas sebarannya, maka di tahun 2006 wilayah kerja diperluas menjadi seluruh Jawa Timur.

grafik anggota

KEANGGOTAAN

Besarnya animo masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Kopwan Setia Bhakti Wanita tentu tidak lepas dari manfaat yang bisa dirasakan anggota. Masyarakat mendengar dan melihat sendiri bagaimana anggota diberdayakan. Berbagai fasilitas kredit untuk penunjang usaha dan kebutuhan lainnya, bisa diperoleh. Berbagai ketrampilan dan wawasan tentang usaha juga didapat. Dan anggota merasa tidak dijadikan obyek usaha untuk memperkaya lembaga melainkan sebagai subyek yang ikut menentukan perkembangan koperasinya.

Partisipasi anggota bisa dirasakan setiap bulan di pertemuan kelompok. Dipertemuan itulah, semua anggota berpartisipasi dalam memberikan suara atas penerimaan anggota baru hingga persetujuan atau koreksi besarnya nilai pinjaman yang diajukan. Begitupula ketika kelompok mengalami masalah, merekapun secara bersama-sama menanggulanginya. Partisipasi anggota tersebut juga ditunjukan dalam setiap pengambilan keputusan ditingkat koperasi dengan sistem perwakilan. Setiap perwakilan kelompok membawa aspirasi anggotanya untuk dibahas di Temu Wicara yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Hal sama juga dilakukan saat Rapat Anggota baik ketika membahas RK- RAPB maupun saat membahas Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas.

Untuk bisa bergabung menjadi anggota Kopwan Setia Bhakti Wanita haruslah melalui kelompok-kelompok yang sudah ada. Diterima atau tidaknya seseorang menjadi anggota, tergantung dari hasil kesepakatan anggota kelompok yang akan dimasuki. Namun masyarakat juga bisa bergabung menjadi anggota Kopwan Setia Bhakti Wanita dengan membentuk kelompok baru. Sedang persyaratannya, minimal sudah tergabung 15 perempuan dan diantara mereka saling mengenal. Selain itu semua yang tergabung dalam kelompok tersebut harus bersepakat untuk menerima dan menjalankan sistem tanggung renteng beserta konsekuensinya. Tentunya beberapa persyaratan administrasi juga harus dipenuhi. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi : sekretariat 031-8434055 atau datang langsung ke kantor Kopwan Setia Bhakti Wanita Jl, Jemur Andayani, 55 Surabaya.