Peserta Membawa Pendamping di Pelatihan Marketing Online

Peserta Membawa Pendamping di Pelatihan Marketing Online

Internet seakan sudah menjadi kebutuhan. Penggunaanyapun beragam. Ada yang hanya sekedar untuk hiburan, tapi tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk bisnis. Seperti yang dilakukan anggota Kopwan SBW. Tidak sedikit anggota Kopwan SBW yang sudah memanfaatkan internet untuk pengembangan usahanya.

Melihat potensi tersebut, Kopwan SBW mengadakan pelatihan marketing online pada 19 Oktober. Pelatihan yang diikuti 245 anggota tersebut akan dilanjutkan pada 28 dan 29 Oktober. Setiap hari dilangsungkan 2 kelas yaitu pagi dan siang dimana setiap kelas terdiri dari 40 peserta.

Uniknya dalam pelatihan ini, ternyata banyak peserta pelatihan yang membawa pendamping. Tak mengherankan bila kemudian, kursi yang telah disediakan terasa kurang. Kebanyakan pendamping tersebut adalah anak-anak anggota yang jadi peserta. Karena memang sebetulanya yang membutuhkan pelatihan tersebut bukan ibunya tapi anaknya. Disamping itu, pelatihan tersebut juga menjadi syarat pengambilan kredit laptop.

Dari pelatihan dihari pertama itu, ternyata ada beberapa anggota yang sudah familier dengan bisnis online. Mereka sudah mempraktikkan untuk pemasaran porduknya. Tapi ada juga yang sama sekali belum mengenal dunia online. Bahkan email juga tidak punya. Ada juga yang masih canggung dalam mengoperasionalkan gadget. Mereka inilah yang membawa anaknya untuk mendampingi.

Pelatihan yang diselenggarakan dengan narasumber Bp Ichsan Maulana dari Profit Academy ini memang sifatnya masih dasar. Namun dari pengetahuan dan ketrampilan dasar itulah diharapkan nantinya bisa mengembangkan sendiri. Karena pengetahuan ataupun informasi untuk hal tersebut banyak bertebaran didunia maya.

Pada pelatihan yang berlangsung selama 3 jam itu, peserta dikenalkan dengan berbagai media online dan pemanfaatanya untuk pengembangan usaha. Kemudian pada jam kedua sampai terakhir, peserta dipandu untuk mempraktikkannya. Dalam hal ini ada yang menggunakan laptop tapi kebanyakan menggunakan smartphone. (gt)

Artikel lainnya dengan kategori Seputar SBW