Kopma Unesa : Bagaimana Membuat Anggota Aktif

Kopma Unesa : Bagaimana Membuat Anggota Aktif

Kopma Unesa ??? Bravo!!! itulah, pekik mahasiswa Unesa yang terpilih menjadi Pengurus Koperasi Mahasiswa Unesa saat diminta menunjukan semangat dan kekompakannya oleh Ibu Indra, Ketua Kopwan SBW. Pagi itu, 12 pengurus Kopma Unesa memang tengah melakukan study banding ke Kopwan SBW. Kedatangan mereka pada 5 Mei itu ingin tahu bagaimana mengelola koperasi.

“Kami ingin belajar bagaimana mengelola koperasi. Anggota kami 1.137 orang tapi tidak semuanya aktif. Hanya ada sekitar 30 % yang aktif. Untuk itu kami ingin belajar ke Kopwan SBW ini, bagaimana bisa mendorong anggota untuk aktif,” ujar Arif, Pengurus Kopma Unesa bidang pengelolaan SDM anggota yang ditunjuk sebagai ketua rombongan.

Terkait dengan itu, Ibu Indra, Ketua Kopwan SBW memaparkan bagaimana perjalanan Kopwan SBW mulai dari terbentuknya hingga kondisi sekarang. Dengan paparan itu diaharapkan, peserta study banding yang terdiri dari mahasiswa Unesa tersebut bisa menjadikannya inspirasi bagi pengembangan koperasinya.

Tak ketinggalan Ibu Indra juga memaparkan sekilas tentang sistem tanggung renteng. Dimana dengan sistem tersebut, anggota bisa berpartisipasi aktif dalam aktivitas koperasinya. Bahkan dengan sistem itu pula, anggota bisa berperan aktif dalam menjaga asset koperasinya. Sehingga Kopwan SBW bisa terus berkembang dan anggota semakin bisa merasakan manfaat berkoperasi. (gt)

Artikel lainnya dengan kategori Seputar SBW