Karyawan & PPL Go Pasti Go Mantap Go

Karyawan & PPL Go Pasti Go Mantap Go

Candi Arjuna Dieng

“Go Pasti Go Mantap Go”, Itulah tema karyawisata tahun ini untuk karyawan dan PPL. Tema tersebut diambil dari gabungan yel-yel karyawan dan PPL. “PASTI” adalah motto yang juga menjadi yel-yel karyawan SBW. “PASTI” merupakan kepanjangan dari Proaktif, Amanah, Simpati, Tertib dan Inovatif. Sedangkan “MANTAP” motto dan yel-yel PPL SBW. “MANTAP” yang merupakan kependekan dari MANdiri, TAngguh dan Profesional.

pelatihan teamwork buillding

Tema karyawisata tersebut terkait erat dengan pelatihan yang diberikan kepada PPL dan Karyawan sebelum berangkat karyawisata. Karena memang pelatihan dengan tema teamwork buillding yang diselenggarakan pada 22 Agustus lalu merupakan satu paket kegiatan karyawisata. Untuk pelatihan peningkatan kinerja sebagai team work ini, Kopwan SBW menggandeng lembaga konsultan PT Cakrawala Bumi Gemilang.

Dalam pelatihan sehari tersebut PPL dan Karyawan mendapatkan paparan tentang sebuah teamwork dan bagaimana secara team mencapai sukses. Paparan yang lebih aplikatif dalam kehidupan sehari-hari tersebut disampaikan oleh Bapak Hendra dan Bapak Askhabul. Harapannya dengan metode tersebut, materi yang disampaikan akan lebih mudah dicerna dan diingat. Sehingga bisa menjadi motivasi setiap individu karyawan maupun PPL untuk bekerja sebagai team yang solid dan bergerak dengan irama yang sama untuk mencapai tujuan bersama.

di Kawah Sikidang

Dari pelatihan itu kemudian diperkuat pula dengan sebuah perjalanan wisata ke Semarang dan Yogya. Selama perjalanan itu pula, kebersamaan sebagai sebuah team akan teruji. Akankah saling tolong, saling menghormati dan tidak mementingkan diri sendiri dapat dipertahankan ditengah berbagai kendala yang muncul selama perjalanan. Bila semua itu bisa dipertahankan tentu akan menjadi perekat kebersamaan karyawan dan PPL. Go PASTI Go MANTAP Go tidak hanya menjadi slogan tapi menjadi warna dalam bekerja.

Perjalanan wisata karyawan dan PPL SBW ini dimulai dari Stasiun Pasar Turi Surabaya pada pukul enam pagi menuju Semarang dengan kereta Maharani. Kemudian dilanjut dengan 3 bus untuk berkeliling diwilayah Semarang pada 25 Agustus. Sasaran wisata di wilayah Semarang adalah wisata Lawang Sewu, Umbul Sidomukti dan Candi Gedong Songo. Sayangnya sasaran ketiga tidak tercapai karena kehabisan waktu.

Dihari kedua berangkat dari Semarang mulai pukul enam pagi menuju Candi Arjuna Dieng. Kemudian dilanjut ke Kawah Sikidang dan Telaga Warna. Perjalanan menuju dua wisata ini cukup melelahkan karena harus transit menggunakan bus mini. Itupun juga masih transit lagi karena ada jalanan yang terputus akibat longsor. Transit menuju bus mini berikutnya ini, rombongan harus berjalan kaki sekitar 1 km dengan jalanan menanjak.

Di lokasi itulah berbagai persoalan mulai muncul. Karena rombongan terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai kapasitas bus mini. Diantaranya muncul persoalan terkait dengan barang belanjaan yang tertinggal dibus. Karena antara bus yang berangkat dan kembali tidak selalu sama. Begitu pula penumpangnya juga tidak selalu sama. Tapi persoalan-persoalan itupun bisa terobati dengan indahnya alam. Karena ditempat-tempat wisata itulah rombongan karyawan dan PPL bisa ber selfi ria sepuasnya. Tak heran bila ada yang menyebut wisata kali ini dengan wisata selfi. Karena memang itulah aktifitas paling menonjol mulai hari pertama hingga kedua.

Dihari ketiga perjalanan dimulai dari Yogyakarta dengan tujuan wisata pertama hutan pinus. Tapi sasaran ini tidak tercapai dan digantikan dengan game kebersamaan yang dilaksankan diruang pertemuan hotel. Sedang sasaran terakhir adalah wisata belanja di Bringharjo dan Malioboro. Rombonganpun meninggalkan Yogyakarta dengan kereta menuju Stasiun Gubeng Surabaya. Banyak duka tapi lebih banyak lagi sukanya dan apapun yang telah terjadi selama perjalanan tetap membuat karyawan dan PPL Go PASTI Go MANTAP Go. (gt)

Artikel lainnya dengan kategori Seputar SBW