Inspirasi Dari Koperasi di Tangerang

Biasanya yang datang berkunjung ke Kopwan SBW bertujuan study banding atau pelatihan. Tapi koperasi satu ini punya tujuan berbeda saat berkunjung ke Kopwan SBW, Januari lalu. Rombongan ini hanya terdiri dari 5 orang dan bukan pengurus koperasi. Mereka adalah tim pemasaran produk unggulan anggota Koperasi Jaya Kerta Sejahtera, Tangerang. Mereka mengenal Kopwan SBW saat bersama-sama mengikuti pameran Smesco di Jakarta pada Desember 2009.

Menawarkan kerja sama, itulah maksud dan tujuan dari tim tersebut. Tak mengherankan bila saat itu, tim ini juga membawa aneka produk anggota koperasinya. Ada produk hasil rekayasa penghematan BBM untuk kendaraan bermotor. Ada pula produk kompor yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan bakar dari sampah. Tak ketinggalan, mereka juga membawa berbagai produk pembersih seperti sabun, pembersih lantai dan sebagainya.

Saat itu juga, mereka mempresentasikan semua produknya dihadapan pengurus. Harapannya, tentu Kopwan SBW bisa menjadi patner dalam pemasaran produk tersebut. Mengingat Kopwan SBW punya potensi besar dengan anggota yang 10 ribu lebih. Disamping ke Kopwan SBW, tim pemasar dari Koperasi Jaya Kerta Sejahtera ini juga mengadakan lawatan ke beberapa koperasi yang ada di Jawa Timur.

Koperasi Jaya Kerta Sejahtera ini memang didirikan oleh para UKM yang ada di Tangerang Selatan. Tak mengherankan, bila koperasi ini juga dijadikan wadah bersama untuk mengembangkan pasar produk-produk anggotanya. Kini setelah berjalan 2 tahun, Koperasi ini telah beranggotakan hampir 2000 orang. Produk unggulan anggotanyapun bermacam-macam mulai dari waralaba, produk kebutuhan sehari-hari sampai alat penghemat BBM. Sedang untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, koperasi ini juga membuka unit simpan pinjam dan toko grosir.

Kehadiran Koperasi Jaya Kerta Sejahtera ini tentunya bisa menjadi inspirasi bagi Kopwan SBW kedepan. Mengingat, Kopwan SBW punya potensi yang jauh lebih besar untuk bisa berkembang bersama anggotanya. Anggota SBW, tentu tidak sedikit yang mempunyai produk unggulan. Anggota SBW, tentu juga tidak sedikit yang mempunyai kemampuan dalam bidang pemasaran. Kalau kedua potensi ini digabung, tentu hasilnya akan luar biasa bagi upaya peningkatan kesejahteraan anggota. Bahkan bukan tidak mungkin, dengan pengembangan tersebut Kopwan SBW bisa memberikan kontribusi dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan di Jawa Timur. (gt)

Tulis Komentar

 



Tags: ,
Add to Google © Copyright ( © ) 2008 - 2014 Setia Bhakti Wanita